Tips Sewa Apartemen

Tips Sewa Apartemen

Tips Sewa Apartemen

Tips Sewa Apartemen – Tinggal di apartemen sudah menjadi gaya hidup di jaman sekarang. Keterbatasan lahan di kota-kota besar Indonesia membuat apartemen menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Hal ini juga didukung oleh developer-developer properti yang jeli melihat kebutuhan ini, sehingga mereka banyak membangun apartemen untuk mencari keuntungan dan laba.

Selain dengan membeli sebuah apartemen, masyarakat perkotaan sudah bisa tinggal di apartemen dengan cara sewa apartemen. Selain menyewakan tahunan, pemilik apartemen juga kadang menyewakan bulanan, bahkan ada yang harian. Sehingga membuat harga sewa apartemen  semakin terjangkau.

1.Lokasi.

Di tengah-tengah kesibukan yang beragam dan mobilitas yang tinggi, apartemen yang mempunyai lokasi strategis mutlak sangat diperlukan. Lokasi strategis yang dimaksud bukan hanya terletak di tengah-tengah kota, tapi juga lokasi apartemen harus dekat dengan layanan kesehatan, pusat perbelanjaan, pendidikan dan bila perlu dilalui oleh jalur busway dan LRT.

2. Fasilitas Umum Apartemen.

Tips selanjutnya adalah melihat fasilitas umum yang dimiliki apartemen tersebut. Sebuah apartemen biasa nya memiliki fasilitas umum antara lain: Kolam renang, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan bulu tangkis, taman. jogging track.

Bagi anda yang mempunyai anak kecil taman bermain anak sesuatu yang perlu di pertimbangkan.

3. Fasilitas unit apartemen.

Sebelum kita menyewa sebuah apartemen, sebaiknya kita mengetahui apakah unit tersebut sudah memiliki fasilitas atau unit kosongan. Fasilitas di sini antara lain : AC, TV, Meja, Tempat tidur dan lain-lain.

4. Keamanan 24 jam.

5. Biaya Iuran Pengelolaan Lingkungan.

Iuran Pengelolaan Lingkungan terjangkau kantong anda. Sebelum Sewa Apartemen sebaiknya anda pastikan dahulu kalau Iuran Pengelolaan Lingkungan (Service Charge dan Sinking Fund) itu akan dibayarkan oleh siapa, apakah pemilik atau penyewa.

Kadang ada pemilik apartemen yang membebankan Iuran Pengelolaan Lingkungan kepada penyewa, jika hal ini terjadi pastikan iuran Iuran Pengelolaan Lingkungan ini pas dengan kantong karena biaya ini akan ditagih setiap bulan.

6. Tunggakan Tagihan.

Periksa ke badan pengelola apartemen tersebut apakah unit yang mau anda sewa memiliki tunggakan hutang. baik hutang Iuran Pengelolaan Lingkungan  atau pun hutang listrik dan air. Anda tentu tidak mau jika unit yang anda sewa di putus listrik dan air nya karena unit tersebut memiliki tunggakan.

7. Lahan Parkir.

Jika anda memiliki kendaraan, sebaiknya anda periksa dulu apakah apartemen tersebut memiliki fasilitas parkir per unit nya atau parkir masal. Tentu anda tidak mau jika selalu berebut parkir dengan penghuni lain atau bahkan tidak dapat parkir.

Tinggal di apartemen memang memiliki gengsi tersendiri, tetapi sebelum memilih apartemen, sebaiknya kita memilih apartemen mana yang sesuai dengan budget. Kemampuan budget di sini bukan semata-mata sanggup membayar sewa bulanan saja tapi juga biaya-biaya lain seperti biaya Iuran Pengelolaan Lingkungan, biaya listrik, biaya air, biaya parkir dan lain-lain. Hitung dengan seksama berapa banyak uang yang dihabiskan tiap bulannya.

Selanjutnya jangan abaikan pula biaya-biaya yang harus dikeluarkan saat pindah ke apartemen. Misalnya saja biaya uang jaminan, biaya tanda jadi, sampai biaya perabot rumah tangga baru jika perabot unit yang disewakan tidak lengkap. Hal-hal seperti ini harus kita perhatikan sebelum memutuskan pindah ke apartemen.

Buatlah perencanaan keuangan dengan baik, tentukan kemampuan keuangan anda sebelum memilih apartemen. Tanpa menghitung  perencanaan keuangan yang baik, akan menyulitkan diri sendiri yang pada akhirnya bisa-bisa terusir dari apartemen yang ditinggali.

 

img

admin

Bergabunglah dengan Diskusi